Judul : 4112 Kerangka Acuan Identifikasi Kebutuhan dan Harapan Masyarakat/Sasaran Program
link : 4112 Kerangka Acuan Identifikasi Kebutuhan dan Harapan Masyarakat/Sasaran Program
4112 Kerangka Acuan Identifikasi Kebutuhan dan Harapan Masyarakat/Sasaran Program
Kerangka Acuan
Identifikasi Kebutuhan dan Harapan Masyarakat/Sasaran Program
A. Pendahuluan
Pusat Kesehatan Masyarakat sebagai salah satu jenis fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama memiliki peranan penting dalam system kesehatan nasional, khususnya subsistem upaya kesehatan. Upaya Kesehatan Masyarakat yang selanjutnya disingkat UKM adalah setiap kegiatan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan serta mencegah dan menanggulangi timbulnya masalah kesehatan dengan sasaran keluarga, kelompok, dan masyarakat.
B. Latar belakang
Pelayanan kesehatan bisa berjalan dengan optimal bila pelayanan yang diberikan kepada masyarakat sudah sesuai dengan apa yang menjadi kebutuhan dan harapan masyarakat/sasaran program. Pelayanan kesehatan yang tidak sesuai kebutuhan dan harapan masyarakat/sasaran program akan menimbulkan rasa tidak puas pada sasaran program dan hasil pelayanan kesehatan yang tidak optimal. Identifikasi kebutuhan dan harapan masyarakat/sasaran program merupakan kegiatan pengumpulan informasi dalam rangka mengetahui kebutuhan dan harapan masyarakat/sasaran program terhadap pelayanan upaya kesehatan. Pelayanan upaya kesehatan ini meliputi program KIA, Gizi, P2P, Kesling dan promkes.
C. Tujuan umum dan tujuan khusus
Tujuan Umum :
Mengetahui kebutuhan dan harapan masyarakat/sasaran program KIA, Gizi, P2P, Kesling dan Promkes sesuai dengan permasalahan kesehatan, bentuk pelayanan kesehatan serta perencanaan program yang diharapkan.
Tujuan Khusus :
1. Mengetahui apakah program-program kesehatan (KIA, Gizi, P2P, Kesling dan Promkes) yang sudah berjalan, diketahui dan dimengerti oleh masyarakat.
2. Mengetahui apakah program-program kesehatan yang sudah berjalan sudah sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
3. Mengetahui masalah-masalah kesehatan terkait dengan program KIA, Gizi, P2P, Kesling dan Promkes di masyarakat
4. Memperoleh saran, kritik ide dari masyarakat/sasaran program tentang pelaksanaan program.
5. Menganalisis data hasil identifikasi untuk mengetahui kebutuhan dan harapan masyarakat/sasaran program dalam pelayanan upaya kesehatan masyarakat Puskesmas ................
D. Cara melaksanakan kegiatan (Metode)
Pengumpulan Informasi Kebutuhan dan Harapan masyarakat/sasaran program puskesmas ............... melalui informasi langsung dari masyarakat/sasaran program melalui berbicara langsung, telpon dan pesan singkat (SMS), WA, BBM dilaksanakan setiap hari baik didalam gedung maupun diluar gedung, baik hari kerja maupun di luar hari kerja. Kotak saran dibuka tiap hari Sabtu, sedangkan survey menggunakan kuesioner dilaksanakan sekali setahun bersamaan dengan kegiatan SMD di setiap kelurahan dan melalui pertemuan lintas sektoral .
Analisis data dari hasil identifikasi kebutuhan dan harapan masyarakat/sasaran program dari berbagai sumber data (kotak saran, SMS, telpon, penyampaian langsung) dilakukan dengan cara analisis deskriptif berupa narasi maupun tabel frekuensi
E. Sasaran
Sasaran Identifikasi kebutuhan dan harapan masyarakat/sasaran program :
Seluruh masyarakat, pelanggan program KIA, Gizi, P2P, Kesling dan Promkes, kader kesehatan, tokoh masyarakat, tokoh agama, serta jajaran lintas sektoral di wilayah Puskesmas .........
F. Jadwal pelaksanaan kegiatan
No. | Bentuk Identifikasi | Rencana jadwal | Keterangan |
1. | Identifikasi yang disampaikan langsung dari masyarakat. | Tiap hari | |
2. | Identifikasi melalui kotak saran | Tiap Sabtu | |
3. | Identifikasi melalui SMS/telpon/WA/BBM | Tiap hari | |
4. | Identifikasi melalui survey menggunakan kuesioner | 2 kali setahun | Bulan April 201 dan Oktober 201 |
5. | FGD melalui pertemuan lintas sektor, SMD, MMD, FKD |
G. Pencatatan, Pelaporan, dan Evaluasi pelaksanaan kegiatan
Pencatatan, pelaporan dan evaluasi kegiatan identifikasi kebutuhan dan harapan masyarakat dilakukan oleh tim. Evaluasi dilakukan untuk melihat peaksanaan kegiatan yang meliputi metode, jadwal, dan hasil yang diperoleh. Dari hasil evaluasi tersebut bisa dijadikan sebagai bahan pembelajaran guna melakukan perbaikan dan pengembangan kegiatan identifikasi kebutuhan dan harapan masyarakat/sasaran program berikutnya.
Demikianlah Artikel 4112 Kerangka Acuan Identifikasi Kebutuhan dan Harapan Masyarakat/Sasaran Program
Sekianlah artikel 4112 Kerangka Acuan Identifikasi Kebutuhan dan Harapan Masyarakat/Sasaran Program kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel 4112 Kerangka Acuan Identifikasi Kebutuhan dan Harapan Masyarakat/Sasaran Program dengan alamat link https://pentingnyatehhijau.blogspot.com/2018/04/4112-kerangka-acuan-identifikasi.html
0 Response to "4112 Kerangka Acuan Identifikasi Kebutuhan dan Harapan Masyarakat/Sasaran Program "
Post a Comment